SEGMENTASI PASAR DAN
ANALISIS DEMOGRAFI
PENGERTIAN, TUJUAN, DAN PERSYARATAN SEGMENTASI PASAR
Jerry W Thomas (2007)
mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar berdasarkan
kesamaan, kemiripan, atau mempunyai keterkaitan yang sama. Tujuan dari
segmentasi pasar adalah agar dapat melakukan prioritas, titik berat, atau
konsentrasi usaha pemasaran dan mendorong pembagian (atau segmen pasar) untuk
mendapatkan keuntungan kompetitif dalam segmen tersebut. Sedangkan
menurut Michael Richarme (2004), tujuan segmentasi pasar adalah membagi
konsumen menjadi kelompok-kelompok yang berbeda sedemikian hingga pesan
pemasaran dapat dirancang sesuai kebutuhan yang spesifik dari setiap kelompok
konsumen tersebut. Setiap segmen pasar memerlukan karakteristik atau fitur
produk yang berbeda, strategi promosi yang berbeda, strategi harga yang
berbeda, bahkan mungkin saluran distribusi yang berbeda juga. Hal tersebut
menunjukkan bahwa identifikasi atau analisis sebuah segmen pasar perlu
dilakukan secara hati-hati, bahkan memerlukan metode riset dengan menggunakan
teknik analisis yang rumit dan kompelks. Namun semuanya tetap disesuaikan
dengan kondisi dan karakteristik dari perusahaannya. Identifikasi segmen pasar
yang baik atau tepat harus memenuhi persyaratan yang mencakup:
1.
Homogen di dalam segmen
tersebut.
2.
Heterogen antar
segmen.
3.
Segmen dapat diukur dan
memang penting.
4.
Segmen dapat dibedakan
secara jelas dari segmen lainnya.
5.
Segmen dapat diakses
atau digarap dan ditindaklanjuti oleh perusahaan, dan
6.
Segmen dapat menjadi
sasaran yang menguntungkan.
TIPE ATAU JENIS SEGMEN PASAR
Teknik segmentasi pasar bisa sederhana atau bisa juga cukup rumit.
Hal ini tergantung pada seberapa banyak faktor atau variabel yang digunakan
untuk membedakan sebuah segmen pasar dibandingkan dengan segmen yang lainnya.
Faktor atau variabel tersebut cukup hanya satu atau dua variabel saja, atau
mungkin lebih banyak variabel yang digunakan untuk membuat segmentasi pasar.
Sejumlah variabel yang digunakan dalam segmentasi pasar adalah sebagai berikut
:
1.
Variabel Geografis,
misalnya wilayah, ukuran populasi, kepadatan, penduduk, iklim, dan
lain-lain.
2.
Variabel Demografi,
misalnya umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendidikan, penghasilan, jenis
pekerjaan, agama, faktor sosio ekonomi, bangsa, atau bahasa.
3.
Variabel Psikografi,
misalnya keperibadian, gaya hidup, nilai yang dianut, atau sikap, dan
4.
Variabel Perilaku,
misalnya tingkat konsumsi atau penggunaan barang, loyalitas terhadap merek, dan
lain-lain.
Berdasarkan faktor pertimbangan atau variabel utama yang digunakan maka segmentasi pasar terdiri dari beberapa jenis atau tipe, yaitu :
1.
Segmentasi
Geografis
Segmen berdasarkan batas-batas wilayah tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
Segmen berdasarkan batas-batas wilayah tertentu, misalnya sebuah perusahaan hanya memasarkan barang atau jasa di wilayah tertentu saja, atau tidak di tempat lain.
2.
Segmentasi
Distribusi
Segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian hanya dijual pada satu butik terkenal saja.
Segmen berdasarkan saluran distribusi tertentu saja, misalnya sebuah produk hanya dipasarkan melalui toko-toko tertentu atau sebuah produk pakaian hanya dijual pada satu butik terkenal saja.
3.
Segmentasi
Media
Segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah produk elektronik hanya dipasarkan melalui promosi gencar hanya melalui TV saja.
Segmen berdasarkan jenis media promosi tertentu, misalnya sebuah produk elektronik hanya dipasarkan melalui promosi gencar hanya melalui TV saja.
4.
Segmentasi
Harga
Berdasarkan perbedaan harga, misalnya sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah).
Berdasarkan perbedaan harga, misalnya sebuah perusahaan otomotif memproduksi dan memasarkan mobil dengan jenis berbeda-beda tergantung kisaran harganya (mahal, cukup mahal, atau murah).
5.
Segmentasi
Demografis
Segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri individu lainnya.
Segmen pasar berdasarkan karakteristik atau ciri individu dari konsumennya, misalnya produk yang dipasarkan untuk jenis kelamin tertentu, tingkat pendidikan tertentu, atau berdasarkan ciri individu lainnya.
6.
Segmentasi
Waktu
Segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya sebuah toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain, atau nalah buka 24 jam.
Segmen pasar berdasarkan waktu pemasaran atau penjualan tertentu, misalnya sebuah toko hanya buku di waktu-waktu tertentu yang berbeda dengan yang lain, atau nalah buka 24 jam.
7.
Segmentasi
Gaya Hidup atau Psikografi
Segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Tipe segmen pasar ini relative lebih kompleks dan biasanya memerlukan kegiatan riset kuantitatif dengan berbagai teknik atau metode riset yang relevan.
Segmen berdasarkan analisis multivariate (banyak aspek) dari konsumennya yang dapat mencakup perilaku, nilai yang dianut, sikap, emosi, persepsi, keyakinan, atau minat. Tipe segmen pasar ini relative lebih kompleks dan biasanya memerlukan kegiatan riset kuantitatif dengan berbagai teknik atau metode riset yang relevan.
MANFAAT SEGEMNTASI PASAR
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain :
1.
Perusahaan akan dapat
mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam
pasar yang senantiasa berubah.
2.
Dapat mendesign produk
yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3.
Dapat menentukan
kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4.
Dapat mengarahkan dana
promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmenyang diperkirakan
akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5.
Dapat digunakan untuk
mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi
pasar cukup besar.
Gitosudarmo (2000) menambahkan manfaat segmentasi pasar ini,
sebagai berikut :
1.
Dapat membedakan antara
segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2.
Dapat digunakan untuk
mengetahui sifat masing-masing segmen.
3.
Dapat digunakan untuk
mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
4.
Dapat digunakan untuk
memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
Hermawan Kertajaya mengatakan bahwa peranan segmentasi pasar
adalah :
1.
Memungkinkan kita
untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan
kita.
2.
Mendapatkan input
mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
3.
Merupakan basis bagi
kita untuk mempersiapkan strategi marketing kitaselanjutnya.
4.
Faktor kunci
mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dancara yang berbeda.
PROSES SEGMENTASI PASAR
Proses segmentasi pasar terbagi menjadi beberapa tahap yaitu :
Tahap survei;
Tahap analisa data;
Tahap pembentukan segmen-segmen pasar;
Tahap identifikasi segmen-segmen pasar;
Tahap targeting segmen pasar.
ANALISIS DEMOGRAFI
Analisis Demografi
adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from the womb to the
tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus kehidupanmanusia
sejak dari kandungan sampai meninggal.
Demografi, ini merujuk data statistik penduduk,
termasuk pendapatan, rata-rataumur, dan pendidikan. Kalau menurut Hermawan,
demografi ini termasuk dalam Static Attribute Segmentation, atau cara memandang
pasar berdasarkan geografis dan demografi. Geografis berarti kita melihat pasar
berdasarkan wilayah (negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi
berati kita melihat pasarberdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan,
agama dan pendidikan.
MANFAAT ANALISIS DEMOGRAFI
1.
Mempelajari kuantitas
dan distribusi penduduk dalamsuatu daerah tertentu.
2.
Menjelaskan pertumbuhan
penduduk pada masalampau, kecenderungannya, dan persebarannyadengan
sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
3.
Mengembangkan hubungan
sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek
organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan lain-lain.
4.
Pemperkirakan
pertumbuhan penduduk (proyeksipenduduk) pada masa yang akan datang dan
kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
Sumber :
Jerry W. Thomas (2007)
“Market Segmentation”. Decision Analyst.
Beth Horn dan Wei Huang
(2009) “Comparison of Segmentation Approaches”. Decision Analyst.
http://www.scribd.com/doc/43410656/Perilaku-Konsumen-Full
Tidak ada komentar:
Posting Komentar